Rabu, 19 November 2014

Prinsip Dasar Corporate Social Responsibility CSR



Prinsip Dasar Corporate Social Responsibility CSR


Charity Principle
Stewardship Principle
Definisi





Aktivitas

Perusahaan harus memberikan bantuan secara sukarela pada individu maupun kelompok masyrakat yang membutuhkan.


·     Corporate philanthropy
·     Voluntary actions to promote the social good
Peusahaan bertindak selaku wali masyarakat, dalam mengambil keputusan maupun kebijakan bisnisnya  harus memperhatikan kepentingan publik.
·     Acknowledging business and society interdependence
·     Balancing the interests and needs of many diverse group in society
Sumber: Lawrence dan Weber, 2008
The Charity Principle
            Charity principle merupakan pandangan bahwa kelompok yang lebih sejahtera dalam masyarakat harus memberikan sumbangan kepada kelompok yang lebih membutuhkan. Hal ini sebenarnya merupakan pandangan yang sudah berakar lama dalam masyarakat. Bagi sebagian kelompok bisnis sekarang, tanggung jawab sosial perusahaan dimaknai hanya sebatas berpartisipasi dalam masyarakat, melakukan kontribusi berupa sumbangan-sumbangan sesuai dengan charity principle ini. Sebagian besar perusahaan mengartikan kegiatan pemberian sumbangan sebagai satu-satunya bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Keterlibatan mereka secara sukarela dalam berbagai bantuan kepada kelompok yang membutuhkan seperti mereka yang tertimpa bencana alam dianggap sebagai pemenuhan kewajiban perusahan terhadap komunitas.

The Stewardship Principle
            Pemberian sumbangan seperti yang dijelaskan dalam charity principle di atas bukanlah satu-satunya bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Saat ini banyak eksekutif perusahaan yang memandang dirinya sebagai steward (pengurus) atau trustee (wali) yang bertindak berdasarkan kepentingan publik. Meskipun perusahaan tempat mereka bekerja adalah perusahaan privat dan sekalipun mereka juga mencari profit bagi pemilik, pengelola bisnis yang mengikuti stewardship principle ini berkeyakinan bahwa mereka juga memiliki kewajiban agar masyarakat secara umum medapatkan manfaat dari aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan. Para manajer memiliki tanggung jawab untuk menggunakan sumber-sumber dengan cara yang baik yang ditujukan tidak hanya bagi pemilik namun juga bagi masyarakat secara umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar