
E-Banking
BNI
Gambaran
Umum PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk.
- Visi dan Misi
Visi: Menjadi Bank kebanggaan nasional yang unggul dalam
layanan dan kinerja
Misi: Memaksimalkan stakeholder
value dengan menyediakan solusi keuangan yang fokus pada segmen pasar
korporasi, komersial dan konsumer.
- Rencana Jangka Panjang
Rencana jangka panjang Perusahaan:
2008 menjadi Bank yang unggul dalam layanan
2013 menjadi Bank yang unggul dalam kinerja
2018 menjadi Bank kebanggaan nasional yang unggul dalam
layanan dan kinerja
- Sejarah Perusahaan
a.
Berdiri
tanggal 5 Juli 1946 dengan nama Bank Negara Indonesia dan merupakan Bank
pertama yang didirikan dan dimiliki Pemerintah Indonesia yang ditujukan sebagai
Bank Sentral yang bertanggung jawab menerbitkan dan mengelola mata uang RI.
b.
Pada
tahun 1955, dengan ditetapkannya De
Javasche Bank sebagai Bank Sentral, peran BNI beralih menjadi Bank
pembangunan dan kemudian mendapat hak untuk bertindak sebagai Bank devisa.
c.
Pada
tahun 1968, beralih menjadi Bank komersial milik Pemerintah dan mengubah
namanya menjadi Bank negara Indonesia 1946.
d.
Pada
tahun 1986, BNI 1946 melakukan resturkturisasi operasional dengan menyusun Perfomance Improvement Program (PIP)
agar lebih dinamis dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berubah.
e.
Pada
tahun 1992, BNI 1946 merubah status hukumnya menjadi badan hukum dengan nama PT
Bank Negara Indonesia (Persero).
f.
Pada
tahun 1996, BNI menjadi perusahaan publik melalui penawaran saham perdana
kepada masyarakat melalui pasar modal. Bank BNI merupakan Bank Pemerintah
pertama yang mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek dan mengubah namanya menjadi
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
g.
Pada
tahun 1999, Bank BNI memperoleh tambahan modal sebesar Rp 61,2 triliun melalui
program rekapitalisasi perbankan yang dicanangkan Pemerintah pasca krisis
ekonomi.
h.
Pada
tahun 2000, Bank BNI mulai menerapkan praktik perbankan penuh kehati-hatian (prudent banking) dan tata kelola perusahaan
yang baik (good corporate governance).
E-Banking
BNI
E-Banking BNI
merupakan fasilitas layanan
yang diberikan kepada nasabah BNI untuk melakukan transaksi perbankan melalui
jaringan global BNI, kapan saja, dimana saja, yang mempermudah penggunanya.
Produk
E-Banking BNI:
1.
Internet Banking
Salah satu channel fasilitas e-banking
dari BNI untuk mengakses rekening yang dimiliki nasabah melalui jaringan
internet dengan menggunakan perangkat lunak browser pada komputer. Kelengkapan
channel elektronik menjadi salah satu faktor kemudahan akses transaksi untuk
produk & jasa bank. Diluncurkan
pada 5 April 2007.
2.
SMS
Banking
Merupakan fasilitas layanan perbankan
yang memudahkan Anda untuk melakukan isi ulang pulsa, transfer sampai bayar
tagihan Kartu Kredit BNI semudah Anda mengirim SMS kepada sahabat, keluarga
ataupun orang terdekat anda. BNI SMS
Banking dapat diakses dengan menggunakan perintah SMS biasa, atau dengan cara download BNI SMS Banking Menu.
3.
Phone
Banking
Layanan untuk mendapatkan segala
informasi dan melakukan transaksi perbankan tanpa harus beranjak dari tempat
dengan jaminan privasi yang tinggi, serta tidak dibatasi ruang waktu dan gerak.
4.
Auto
Teller’s Machine (ATM)
Fasilitas untuk melakukan transaksi
perbankan yang meliputi penarikan tunai, inquiry saldo rekening tabungan,
transfer, setoran tunai (melalui mesin CDM) dan melakukan berbagai jenis
pembelian dan pembayaran tagihan tanpa harus datang langsung ke Kantor Cabang
BNI dan tanpa terikat waktu. Alat bertransaksi melalui BNI ATM adalah kartu
debit atau kredit
Internet Banking
- Fasilitas Internet Banking:
1.
Transaksi
non finansial
• Informasi saldo
• Informasi mutasi rekening
• Ganti Password
• Ganti Alamat Email
• Daftar Rekening
• Daftar Pembayaran
2. Transaksi finansial
• Transfer Dana antar Rekening BNI
• Pembayaran Tagihan
• Pembelian Voucher Prabayar
• Pembelian Tiket Airlines
• Pembayaran Biaya Pendidikan (Student Payment Centre)
- Manfaat E-banking:
- Bagi Perusahaan:
a. Mengurangi tingkat kesalahan yang sering dilakukan manusia
(human factor)
b. Penambahan delivery
channel baru yang dapat memperbesar kapasitas pelayanan transaksi untuk
mengurangi beban kerja di cabang
c. Dapat memproses transaksi yang lebih banyak
d. Meningkatkan jumlah nasabah
- Bagi Nasabah:
a. Menghemat waktu dan uang, karena menghilangkan tahap
operasi manual seperti penulisan dokumen transaksi (voucher), antre di counter teller, serta pengecekan secara
manual terhadap dokumen transaksi
b. Mempercepat operasional transaksi keuangan serta
mempermudah di dalam mendapatkan informasi keuangan
c. Tidak terbatas tempat dan waktu
d. Menghindari tindakan kriminal (perampokan, penjambretan,
dll)
- Bagi Lingkungan
a.
Inputan
dan keluaran data yang serba paperless
(tanpa kertas), sehingga ramah lingkungan
b.
Mengurangi
kemacetan di area lokasi Bank
c.
Mengurangi
tindakan kriminal perampokan
- Perangkat pendukung
Perangkat Akses BNI Internet Banking adalah PC/Laptop Pentium
133 Mhz, atau lebih tinggi, Modem 28,8 kbps (disarankan 56 kbps), line telepon
atau GPRS OS minimal Windows 98, Windows 2000 atau windows NT. Browser
Microsoft Internet Explorer 5.00 / Netscape Navigator 4.5, Koneksi Jaringan
Internet. Untuk dapat memanfaatkan layanan Internet Banking nasabah pengguna
mengakses website www.bni.co.id atau langsung ke https://ibank.bni.co.id.
BNI e-Secure adalah alat pengaman tambahan yang harus
dimiliki oleh pengguna untuk melakukan transaksi finansial layanan BNI Internet
Banking dan berfungsi untuk menghasilkan PIN yang berubah-ubah (Dynamic PIN).
Terintegrasi dengan aplikasi dasar ICONS (Integration
Centralized Online System)-yang telah beroperasi sejak Desember 2005. BNI Internet Banking berjalan di atas
platform yang sama dengan ICONS, yaitu menggunakan server high performance AIX
P series dan database server ORACLE
- Analisis Fasilitas Internet Banking: Transfer Dana Antar Rekening BNI
Salah satu fasilitas dari Internet Banking adalah
transfer dana antar rekening BNI yang merupakan contoh dari type e-commerce Customer to Customer (C2C), karena
transaksi tersebut menghubungkan dua orang nasabah (customer BNI) yang masing-masing
melakukan transfer dana dan menerima transfer dana. Sedangkan berdasarkan
tujuannya, Internet Banking bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah,
sehingga bisa disimpulkan bahwa scope e-commerce-nya adalah kedepan atau berorientasi pada customer.
Secara prosedur dan sistem, internet banking bisa
dikatakan bank swalayan bagi nasabah, sehingga tidak ada satupun divisi yang
terlibat dari Perusahaan, karena transaksi yang dilakukan nasabah akan langsung
ter-record pada program ICONS BNI
yang terintegrasi di seluruh cabang BNI seluruh Indonesia.
Tidak ada kendala tempat dan waktu, karena internet
banking BNI bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan koneksi internet
dan output dari transaksi adalah saat itu juga sehingga internet banking BNI
bisa dikategorikan sebagai Mobile
Commerce.
- Analisis Fasilitas Internet Banking: Pembayaran Tagihan dan Pembelian
Salah satu fasilitas dari Internet Banking adalah
Pembayaran tagihan dan pembelian yang merupakan contoh dari type e-commerce Customer to Bussiness (C2B), karena
transaksi tersebut menghubungkan antara nasabah (customer BNI) dengan rekanan
BNI (Bussiness). Sedangkan berdasarkan tujuannya, Internet Banking bertujuan
untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, sehingga bisa disimpulkan bahwa scope
e-commerce-nya adalah kedepan atau
berorientasi pada customer dan rekanan BNI.
Secara prosedur dan sistem, internet banking bisa
dikatakan bank swalayan bagi nasabah, sehingga tidak ada satupun divisi yang
terlibat dari Perusahaan, karena transaksi yang dilakukan nasabah akan langsung
ter-record pada program ICONS BNI
yang terintegrasi di seluruh cabang BNI seluruh Indonesia.
Tidak ada kendala tempat dan waktu, karena internet
banking BNI bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan koneksi internet
dan output dari transaksi adalah saat itu juga sehingga internet banking BNI
bisa dikategorikan sebagai Mobile
Commerce.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar