Kamis, 09 November 2017

E-Commerce PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk



bni.jpegE-Commerce

E-Banking BNI


Gambaran Umum PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk.
  1. Visi dan Misi
Visi: Menjadi Bank kebanggaan nasional yang unggul dalam layanan dan kinerja
Misi: Memaksimalkan stakeholder value dengan menyediakan solusi keuangan yang fokus pada segmen pasar korporasi, komersial dan konsumer.
  1. Rencana Jangka Panjang
Rencana jangka panjang Perusahaan:
2008 menjadi Bank yang unggul dalam layanan
2013 menjadi Bank yang unggul dalam kinerja
2018 menjadi Bank kebanggaan nasional yang unggul dalam layanan dan kinerja
  1. Sejarah Perusahaan
a.       Berdiri tanggal 5 Juli 1946 dengan nama Bank Negara Indonesia dan merupakan Bank pertama yang didirikan dan dimiliki Pemerintah Indonesia yang ditujukan sebagai Bank Sentral yang bertanggung jawab menerbitkan dan mengelola mata uang RI.
b.      Pada tahun 1955, dengan ditetapkannya De Javasche Bank sebagai Bank Sentral, peran BNI beralih menjadi Bank pembangunan dan kemudian mendapat hak untuk bertindak sebagai Bank devisa.
c.       Pada tahun 1968, beralih menjadi Bank komersial milik Pemerintah dan mengubah namanya menjadi Bank negara Indonesia 1946.
d.      Pada tahun 1986, BNI 1946 melakukan resturkturisasi operasional dengan menyusun Perfomance Improvement Program (PIP) agar lebih dinamis dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berubah.
e.       Pada tahun 1992, BNI 1946 merubah status hukumnya menjadi badan hukum dengan nama PT Bank Negara Indonesia (Persero).
f.       Pada tahun 1996, BNI menjadi perusahaan publik melalui penawaran saham perdana kepada masyarakat melalui pasar modal. Bank BNI merupakan Bank Pemerintah pertama yang mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek dan mengubah namanya menjadi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
g.      Pada tahun 1999, Bank BNI memperoleh tambahan modal sebesar Rp 61,2 triliun melalui program rekapitalisasi perbankan yang dicanangkan Pemerintah pasca krisis ekonomi.
h.      Pada tahun 2000, Bank BNI mulai menerapkan praktik perbankan penuh kehati-hatian (prudent banking) dan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).

E-Banking BNI
E-Banking BNI merupakan fasilitas layanan yang diberikan kepada nasabah BNI untuk melakukan transaksi perbankan melalui jaringan global BNI, kapan saja, dimana saja, yang mempermudah penggunanya.

Produk E-Banking BNI:
1.      Internet Banking
Salah satu channel fasilitas e-banking dari BNI untuk mengakses rekening yang dimiliki nasabah melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat lunak browser pada komputer. Kelengkapan channel elektronik menjadi salah satu faktor kemudahan akses transaksi untuk produk & jasa bank. Diluncurkan pada 5 April 2007.
2.      SMS Banking
Merupakan fasilitas layanan perbankan yang memudahkan Anda untuk melakukan isi ulang pulsa, transfer sampai bayar tagihan Kartu Kredit BNI semudah Anda mengirim SMS kepada sahabat, keluarga ataupun orang terdekat anda.  BNI SMS Banking dapat diakses dengan menggunakan perintah SMS biasa, atau dengan  cara download BNI SMS Banking Menu.
3.      Phone Banking
Layanan untuk mendapatkan segala informasi dan melakukan transaksi perbankan tanpa harus beranjak dari tempat dengan jaminan privasi yang tinggi, serta tidak dibatasi ruang waktu dan gerak.
4.      Auto Teller’s Machine (ATM)
Fasilitas untuk melakukan transaksi perbankan yang meliputi penarikan tunai, inquiry saldo rekening tabungan, transfer, setoran tunai (melalui mesin CDM) dan melakukan berbagai jenis pembelian dan pembayaran tagihan tanpa harus datang langsung ke Kantor Cabang BNI dan tanpa terikat waktu. Alat bertransaksi melalui BNI ATM adalah kartu debit atau kredit



Internet Banking
  1. Fasilitas Internet Banking:
1.      Transaksi non finansial
• Informasi saldo
• Informasi mutasi rekening
• Ganti Password
• Ganti Alamat Email
• Daftar Rekening
• Daftar Pembayaran
2.      Transaksi finansial
• Transfer Dana antar Rekening BNI
• Pembayaran Tagihan
• Pembelian Voucher Prabayar
• Pembelian Tiket Airlines
• Pembayaran Biaya Pendidikan (Student Payment Centre)

  1. Manfaat E-banking:
  1. Bagi Perusahaan:
a.       Mengurangi tingkat kesalahan yang sering dilakukan manusia (human factor)
b.      Penambahan delivery channel baru yang dapat memperbesar kapasitas pelayanan transaksi untuk mengurangi beban kerja di cabang
c.       Dapat memproses transaksi yang lebih banyak
d.      Meningkatkan jumlah nasabah
  1. Bagi Nasabah:
a.       Menghemat waktu dan uang, karena menghilangkan tahap operasi manual seperti penulisan dokumen transaksi (voucher), antre di counter teller, serta pengecekan secara manual terhadap dokumen transaksi
b.      Mempercepat operasional transaksi keuangan serta mempermudah di dalam mendapatkan informasi keuangan
c.       Tidak terbatas tempat dan waktu
d.      Menghindari tindakan kriminal (perampokan, penjambretan, dll)
  1. Bagi Lingkungan
a.       Inputan dan keluaran data yang serba paperless (tanpa kertas), sehingga ramah lingkungan
b.      Mengurangi kemacetan di area lokasi Bank
c.       Mengurangi tindakan kriminal perampokan

  1. Perangkat pendukung
Perangkat Akses BNI Internet Banking adalah PC/Laptop Pentium 133 Mhz, atau lebih tinggi, Modem 28,8 kbps (disarankan 56 kbps), line telepon atau GPRS OS minimal Windows 98, Windows 2000 atau windows NT. Browser Microsoft Internet Explorer 5.00 / Netscape Navigator 4.5, Koneksi Jaringan Internet. Untuk dapat memanfaatkan layanan Internet Banking nasabah pengguna mengakses website www.bni.co.id atau langsung ke https://ibank.bni.co.id.
BNI e-Secure adalah alat pengaman tambahan yang harus dimiliki oleh pengguna untuk melakukan transaksi finansial layanan BNI Internet Banking dan berfungsi untuk menghasilkan PIN yang berubah-ubah (Dynamic PIN).
Terintegrasi dengan aplikasi dasar ICONS (Integration Centralized Online System)-yang telah beroperasi sejak Desember 2005. BNI Internet Banking berjalan di atas platform yang sama dengan ICONS, yaitu menggunakan server high performance AIX P series dan database server ORACLE

  1. Analisis Fasilitas Internet Banking: Transfer Dana Antar Rekening BNI
Salah satu fasilitas dari Internet Banking adalah transfer dana antar rekening BNI yang merupakan contoh dari type e-commerce Customer to Customer (C2C), karena transaksi tersebut menghubungkan dua orang nasabah (customer BNI) yang masing-masing melakukan transfer dana dan menerima transfer dana. Sedangkan berdasarkan tujuannya, Internet Banking bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, sehingga bisa disimpulkan bahwa scope e-commerce-nya adalah kedepan atau berorientasi pada customer.
Secara prosedur dan sistem, internet banking bisa dikatakan bank swalayan bagi nasabah, sehingga tidak ada satupun divisi yang terlibat dari Perusahaan, karena transaksi yang dilakukan nasabah akan langsung ter-record pada program ICONS BNI yang terintegrasi di seluruh cabang BNI seluruh Indonesia.
Tidak ada kendala tempat dan waktu, karena internet banking BNI bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan koneksi internet dan output dari transaksi adalah saat itu juga sehingga internet banking BNI bisa dikategorikan sebagai Mobile Commerce.
  1. Analisis Fasilitas Internet Banking: Pembayaran Tagihan dan Pembelian
Salah satu fasilitas dari Internet Banking adalah Pembayaran tagihan dan pembelian yang merupakan contoh dari type e-commerce Customer to Bussiness (C2B), karena transaksi tersebut menghubungkan antara nasabah (customer BNI) dengan rekanan BNI (Bussiness). Sedangkan berdasarkan tujuannya, Internet Banking bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, sehingga bisa disimpulkan bahwa scope e-commerce-nya adalah kedepan atau berorientasi pada customer dan rekanan BNI.
Secara prosedur dan sistem, internet banking bisa dikatakan bank swalayan bagi nasabah, sehingga tidak ada satupun divisi yang terlibat dari Perusahaan, karena transaksi yang dilakukan nasabah akan langsung ter-record pada program ICONS BNI yang terintegrasi di seluruh cabang BNI seluruh Indonesia.
Tidak ada kendala tempat dan waktu, karena internet banking BNI bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan koneksi internet dan output dari transaksi adalah saat itu juga sehingga internet banking BNI bisa dikategorikan sebagai Mobile Commerce.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar